Menu Tutup

Tempat Wisata Sejarah Kota Palembang

Kawasan Berwisata Kota Palembang

Tempat Wisata Sejarah di Palembang? Mungkin kamu sering mencarinya di Google, namun ada banyak media yang membuat konten tentang “Tempat Wisata Kota Palembang” artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai informasi wisata yang terdapat dikota palembang.

Untuk kamu yang mempunyai rencana, ingin liburan/berlibur ke kota palembang lantas kamu masih kebingungan, dengan tempat-tempat wisata yang ada di kota pempek ini? jangan bingung 😀 karna kota ini menawarkan cukup banyak tempat wisata pilihan yang wajib kamu singgahi.

Kali ini team inipalembang.com akan membahas serta memberikan sedikit informasi Beberapa Tempat Wisata di Kota Palembang, rilex jangan terlalu tegang karna konten ini akan banyak membuka wawasan kamu ketika datang ke Kota Palembang. 🙂

Kota Palembang

Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera Setelah Medan. Mungkin kalian sudah mengenali Tempat Wisata yang paling, populer di Kota Palembang. Palembang adalah salah satu Tempat Wisata Terlaris di Pulau Sumatera. Selain banyak Wisata Alam yang bisa kamu kunjungi, di Palembang.

Manfaat Berwisata

Wisata memanglah sangat penting & memiliki banyak manfaat antara lain bisa menambah Wawasan, Ide & Pengetahuan, sekaligus kita dapat belajar mengenai sejarah suatu kota ataupun suatu tempat. Begitu juga dengan wisata yang ada di Kota Palembang.

1. Wisata Masjid Agung Palembang

Wisata Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang, merupakan masjid yang terbesar di Kota Palembang, bahkan masjid yang terbesar di Provinsi Sumatera Selatan. Bangunan Masjid Agung yaitu sebuah gabungan dari berbagai Arsistektur asal Indoensia, Eropa & Tiongkok.

Jarak Masjid Agung ini hanya beberapa puluh meter dari Jembatan Ampera, ataupun kawasan BKB. Masjid yang biasa disebut oleh masyarakat asli palembang adalah Masjid Agung Sultan Mahmud Badarudin II.

Selain itu masyarakat kota palembang menjadikan Masjid ini tempat beribadah para umat muslim yang ada di Palembang, namun tidak hanya itu masjid ini menjelma sebagai Tempat Wisata Religi Kota Palembang. Masjid yang mempunyai banyak Sejarah.

Disaat moment Ramadhan masjid ini ramai sekali dengan umat muslim yang melaksanakan ibadah Tarawih ataupun berbuka puasa bersama.

Berikut adalah Alamat Masjid Agung Palembang : Jl. Jenderal Sudirman, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111.

2. Wisata Religi Masjid Kiai Marogan Palembang

Tempat Wisata Masjid KI Marogan Palembang

Masjid Kiai Marogan Palembang adalah salah satu dari beberapa Objek Wisata Religi yang ada di Kota Palembang, masjid ini banyak menyimpan sejarah pada saat zaman Jepang & Belanda.

Masjid Kiai Marogan Palembang berdiri sejak tahun pada tahun 1870 semasa penjajahan Belanda. Nama masjid tersebut diambil dari nama ulama besar di Kota Palembang yaitu Masagus Abdul Hamid bin Mahmud atau lebih dikenal dengan julukan Ki Merogan.

Yang membuat unik masjid ini berlokasi tepian Sungai Musi, yang banyak di kelilingin oleh pemukiman masyakarat kota palembang, PT. Kereta Api Persero & PT. Batu Bara. Banyak para ulama yang berkunjung di masjid ini dengan tujuan silahturami dengan beberapa murid dari Masagus Abdul Hamid & berkunjung ke Makam Masagus Abdul Hamid.

Masjid yang banyak pengunjung di tiap harinya dari berbagai daerah, apa lagi disetiap hari Jum’at para umat muslim & ulama yang menjalanankan ibadah Jum’at di masjid ini. Pasti Kamu Penasaran dengan Objek Wisata Religi yang satu ini, monggo untuk datang ke Kota Palembang biar bisa ngerasain beribadah di masjid ini.

Berikut adalah Alamat Masjid Kiai Marogan Palembang : Jl. Inklaring, Kertapati, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30147.

3. Wisata Masjid Cheng Ho Palembang

Wisata Masjid Cheng Ho Palembang

Wisata Masjid Cheng Ho Palembang, Merupakan masjid yang didirikan dengan gaya Arsistektur Chinese, Arab & Palembang. Jangan salah paham dulu dengan masjid yang satu ini nama asli masjid ini adalah “Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya” namun nama tersebut, telalu panjang jika disebut maka masyarakat Kota Palembang memberikan nama singkat dari masjid yaitu “Masjid Cheng Ho”.

Pembangunan Masjid ini yang di diminasikan oleh warna Merah & Hijau, warna yang disepakati oleh para Sesepuh, Penasehat, & Pengurus PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) serta dengan masyarakat Tionghoa yang berada di Sumatera Selatan.

Pada Agustus 2008, Masjid Cheng Ho Palembang sudah diresmikan sebagai tempat Shalat Jum’at berjamaah, yang dapat menampung sebanyak 1500 Jamaah termasuk Gubernur Sumsel & Wali Kota Palembang sering Sholat Jum’at di masjid ini.

Keunikan Masjid Cheng Ho yaitu sebelum melakukan Sholat jum’at, Para Pengurus PITI Sumatera Selatan melakukan Ritual Selamatan atau Syukuran terlebih dahulu.

Luas bangunan masjid ini sekitar 625meter, dengan 2 menara yang berada disamping kanan & kiri masjid, total pembangunan masjid ini sebesar 4 miliyar rupiah.

Berikut adalah Alamat Masjid Cheng Ho Palembang : 15 Ulu, Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30267.

4. Wisata Museum Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II

Wisata Musium Sultan Mahmud Badarudin II Palembang

Museum Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, terdapat banyak benda-benda yang jumlahnya bahkan ratusan, benda tersebut memiliki nilai yang bersejarah Kerajaan Sriwijaya pada masa kesultanan palembang darussalam.

Nama yang sudah di berikan khus untuk Museum ini dalam, menghormati jasa Sultan Mahmud Badarudin yang telah berkorban untuk Kota Palembang, pada museum ini kamu juga bisa menambahkan ilmu atau pengetahuan mengenai benda-benda peninggalan kerajaan sriwijaya, untuk melihat benda-benda antik secara langsung.

Lokasi Museum ini tidak berjauhan dari BKB & Masjid Agung Palembang, sangat pas bukan pergi dengan 1 arah akan tetapi dapat mengnalkan kamu dengan 3 Wisata Kota Palembang Sekaligus.

Untuk kamu yang ingin masuk ke dalam Museum Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, Museum ini juga mempunyai system jadwal buka & tutup sampai akhir pekan sebagai berikut :

Jadwal Berkunjung Ke Musium Sultan Mahmud Badarudin II Palembang

  • Senin 08.00-16.00 wib
  • Selasa 08.00-16.00 wib
  • Rabu 08.00-16.00 wib
  • Kamis 08.00-16.00 wib
  • Jum’at 08.00-11.30 wib
  • Sabtu 09.00-16.00 wib

Untuk tarif yang mesti di bayar, kepada penjaga Musem Sultan Mahmud Badarudin II Palembang dikenai tarif sebagai berikut :

  • Anak-Anak : Rp2.000,-
  • Remaja : Rp3.000,-
  • Dewasa : Rp4.000,-

Berikut adalah Alamat Museum Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang : Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil Kota Palembang, Sumatera Selatan 30113.

5. Wisata Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA)

Wisata Monumen Perjuangan Rakyat Palembang

Monumen Perjuangan Rakyat Palembang merupakan salah satu tempat saksi bisu bersejarah, tempat yang pernah dijadikan basis pertempuran lima hari lima malam disaat melawan kolonial Belanda.

4 Tempat Wisata yang berdekatan dengan Monumen Perjuangan Rakyat ini yaitu, 5 Objek Wisata yang berada di tengah-tengan Kota Palembang yang mempunyai sejarah yang begitu mengagumkan di Kota Palembang sebagai berikut :

  • Jembatan Ampera Palembang
  • Benteng Kuto Besak Palembang
  • Masjid Agung Palembang
  • Sungai Musi Palembang
  • Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Palembang

Pada dibagian bangunan Monpera ini, para pengunjung bisa menjumpai berbagai macam jenis-jenis senjata yang pernah digunakan oleh tentara indonesia disaat melawan Kolonial belanda, tidak hanya alat-alat tempur yang dapat kamu ketahui disini, ada juga Dokumen-Dokumen Penting, namun masih banyak benda lainnya seperti : Uang Jaman Dahulu, Patung-Patung Pahlawan & Baju-Baju Dinas Pahlawan, yang disimpan di dalam Museum Monumen Perjuangan Rakyat.

Untuk kamu yang penasaran dengan Museum Monumen Perjuangan Rakyat yang dapat kamu jadikan Tempat Wisata Lima Hari Lima Malam 😀 hehe.. Monpera tempat yang tebuka namun pemerintahan kota palembang membuat system pada tempat ini, yang bertujuan untuk mengatur parawisatan yang berkunjung di Monumen Perjuangan Rakyat ini. Buka mulai pukul 08.00-16.00 wib.

Berikut adalah Alamat Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA) Palembang : 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30113.

6. Wisata Benteng Kuto Besak Palembang

Wisata Benteng Kuto Besak Palembang

Benteng Kuto Besak Palembang (BKB), merupakan termasuk dalam bangunan keraton di Kota Palembang. Tempat yang berumur lebih dari 2 abad ini sudah diresmikan oleh Pemerintahan Kota Palembang sebagai, Tempat Wisata Kota Palembang.

Bangunan ini didirikan sejak tahun 1780 oleh masyarakat Tionghoa, untuk pembangunan ini menggunakan bahan material berupa Batu Bata, Batu Kapur, yang membuat uniknya bangunan ini adalah tida menggunakan semen akan tetapi menggunakan putih telur…

Benteng Kuto Besak ini berdekatan dengan beberapa Tempat Wisata yaitu, Masjid Agung Palembang, Museum Sultan Mahmud Badarudin II, Monumen Perjuangan Rakyat & Jembatan Ampera. Jadi disaat kalian berkunjung disalah satu tempat ini, terasa kurang puas jika tidak mengunjungi satu-persatu tempat ini.

Saat ini Benteng Kuto Besak ditempati oleh Kodim Militer Sriwijaya, tempat yang menghadap ke Sungai Musi, bangunan yang memiliki nilai bersejarah yang tinggi di kota Palembang.

Berikut adalah Alamat Benteng Kuto Besak Palembang JL.Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir Bukit Kecil 19 Kota Palembang, Sumatera Selatan 30113.

7. Wisata Pulau Kemaro Palembang

Wisata Pulau Kemaro Palembang

Pulau Kemaro Palembang, merupakan sebuah Delta kecil di Sungai Musi, sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Yang terletak di daerah industri, yaitu di antara Pabrik Pupuk Sriwijaya dan Pertamina Plaju dan Sungai Gerong. Posisi Pulau Kemaro adalah agak ke timur dari pusat Kota Palembang.

Pulau Kemaro juga mempunyai cerita legenda yang menceritakan, tentang kisah cinta dari anak saudagar China yang bernama Tan Bun An, anak dari Kerajaan Sriwijaya bernama Siti Fatimah.

Atau kamu dapat datang ke tempat ini disaat Hari Perayaan Cap Go Meh. Banyak Wisatawan ataupun Mancanegara yang mendatangi tempat ini.

Sangat dirugikan jika kalian ke Palembang, tidak mengunjungi Tempat Wisata yang satu ini, Tempat yang terkenal & Terbaik di Kota Palembang.

Tempat ini juga sering digunakan sebagai Tempat Wisata Religi ummat Budha, dikarenakan terdapat sebuah bangunan wihara…

Berikut adalah Alamat Pulau Kemaro Palembang JL. Sei Selayur Kalidoni 1 Ilir, Ilir Timur II Kota Palembang, Sumatera Selatan.

8. Wisata Sejarah Bukit Siguntang Palembang

Gambar Bukit Siguntang Palembang

Bukit Siguntang Palembang ini merupakan tempat sakral yang menyimpan cerita dan kisah dari Kerajaan Sriwijaya, jika berwisata ke kota ini, wajib singgah ke Bukit Siguntang.

Terlebih bagi kamu pecinta Sejarah akan banyak Edukasi yang Anda dapatkan, dengan melihat langsung berbagai bukti sejarah peninggalan Sriwijaya.

Selain berwisata kamu bisa berziarah ke Makan Para Bangsawan yang dipercayai sebagai pendiri Kota Palembang, dari nama nya aja “Bukit” yang mempunyai Tinggi sekitar 29 atau 30 meter diatas permukaan laut.

Masyarakat setempat selalu mengingatkan disaat ada pengunjung yang datang ke tempat sakral ini, Harus menjaga Perkataan & Kesopanan ketika berkunjung ke tempat sakral ini, dikarenakan tempat ini dijadikan sebagai tempat Semedi.

Harga Tiket Masuk Bukit Siguntang
Untuk biaya yang dikeluarkan ketika kamu ingin berkunjung ke Bukit Siguntang sebesar 5000rb, ada petugas yang menagihnya digerbang masuk.

Makan di Bukit Siguntang Palembang

  • Radja Sigentar Alam, Raja ini nama aslinya adalah Iskandar Zulkarnain Alamsyah, Ia berasal dari dari Kerajaan Mataram. Radja Segentar pada zamannya berhasil menakhlukan hampir seluruh Pulau Sumatera hingga ke negeri tetangga Johor dan Malaka di Malaysia.
  • Putri Kembang Dadar, bernama asli Putri Bunga Melur. Ia dipercaya sebagai putri tercantik kala itu. Karena kecantikannya Ia bahkan dianggap berasal dari khayangan.
  • Putri Rambut Selako, yang bernama asli Putri Damar Kencana Wungsu. Menurut cerita Ia berasal dari Keraton Yogyakarta anak dari Prabu Prawijaya.
  • Pangeran Radja Batu Api. Ia berkenala ke tanah Melayu untuk menyiarkan syariat agama Islam
  • Panglima Bagus Kuning yang berasal Mataram. Ia datang ke Palembang untuk mengawal Radja Segentar Alam.
  • Panglima Bagus Karang, yang mempunyai tugas sama dengan Panglima Bagus Kuning, yakni untuk mengawal Radja Segentar Alam.
  • Panglima Tuan Djundjungan, beliau juga merupakan ulama dari Arab yang datang ke tanah melayu (Swarnadwipa) untuk berkelana sambil menyiarkan agama Islam.

Berikut adalah Alamat Bukit Siguntang Palembang JL. Bukit Lama Ilir Bar I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30137.

9. Wisata Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang

Gambar Taman Purbakala Palembang

Sriwijaya Archaeological Park atau dalam bahasa indonesia “Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya”, merupakan salah satu Destinasi Wisata yang sangat menarik di Provinsi Sumatera Selatan.

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya atau sebelumnya dikenal dengan nama Situs Karanganyar adalah taman purbakala bekas kawasan permukiman dan taman yang dikaitkan dengan kerajaan Sriwijaya.

Di kawasan ini ditemukan jaringan kanal, parit dan kolam yang disusun rapi dan teratur yang memastikan bahwa kawasan ini adalah buatan manusia sehingga dipercaya bahwa, pusat kerajaan Sriwijaya di Palembang terletak di situs ini.

Setelah lebih dari satu dasawarsa didirikan, fungsi taman purbakala kerajaan sriwijaya, sebagai Pusat Informasi Sriwijaya dan sebagai daya tarik wisata budaya di Palembang masih belum sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut adalah Alamat Taman Purbakala Palembang JL. Karang Anyar Gandus Kota Palembang, Sumatera Selatan 30139.