Menu Tutup
Kain Songket Khas Palembang & Kain Jumputan Khas Palembang

Kain Khas Palembang



Kain Khas Palembang & Kain Songket Palembang Merupakan jenis kain tradisional ciri khas melayu yang ditenun dengan sepenuh hati. langsung dibuat menggunakan tangan & alat tenun tradisional serta benang emas maupun perak.

Benang ini menciptakan efek kemilau dan cemerlang sehingga begitu menarik dilihat. Songket sendiri berasal dari bahasa melayu yaitu sungkit yang artinya mencungkil / mengait.

Sesuai dengan artinya kain songket ini dibuat dengan mengait serta mengambil kain tenun yang kemudian diselipkan benang emas. Sementara menurut masyarakat Palembang, kata songket berasal dari kata songka yaitu songkok Palembang yang dianggap sebagai budaya pertama dari kebiasaan menenun benang emas itu sendiri.\

Sejarah Kain Khas Palembang

Di palembang Kain Songket merupakan salah satu peninggalan Kerjaan Sriwijaya yang pembuatan nya dengan masih diteruskan sampai saat ini, oleh masyarakat asli Palembang.

Dengan warna Merah & Kuning Emas biasanya di gunakan pada Kain Songket Khas Palembang, yang melambangkan Kejayaan dari Kerajaan Sriwijaya, Sejarah Benang Emas yang didatangkan dari negara-negara luar yaitu, China, Thailand, Jepang dan membuat harga kain songket ini relatif mahal di pasaran serta dapat dijadikan sebagai hasil tekstil terbaik di dunia.

Benang Emas tersebut di bagi menjadi jenis yaitu, Benang Emas Cabutan, Benang Emas Bangkok dan Benang Emas Sartibi. Menurut masyarakat asli Palembang Songket dapat di tenun oleh anak gadis, dengan perubahan zaman Prian pun bisa menunkan kain songket tersebut.

Setiap Pola-Pola motif yang terdapat pada Kain Songket Palembang biasa nya memiliki makna tersendiri. Ada 22 motif yang berhasil di tenunkan oleh masyarakat asli Palembang dari 71 jenis motif yang terdapat di pasaran.

Kegunaan Kain Songket Khas Palembang

Kain Khas Palembang biasa nya digunakan disaat Event tertentu seperti Perayaan Adat Palembang, Pesta Pernikahan, kebiasaan masyarakat Palembang memakai Kain Songket ini dengan cara melilitkan nya di tubuh layaknya seperti memakai sarung akan tetapi sedikit berbeda dengan cara memakai sarung.

Di kepala Sultan juga mempunyai tanjak yang serupa dengan topi yang terbuat dari kain yang biasa di pakai oleh seorang Sultan, Pangeran Kerajaan, Bangsawan. Kesultanan Melayu akhir-akhir ini telah terdapat hasil tekstil yang menggunakan Kain Songket seperti Baju, Tas, Gaun, Sepatu ataupun sarung jadi. Masyarakat Palembang juga menjadi kan kain songket sebagai Emas kawin sebagai Ciri Khas Palembang.

Menurut masyarakat Palembang asal mulai kain songket dari palembang ini adalah dari perdagangan zaman dahulu diantara Tiongkok & India rakyat Tionghoa menyediakan Benang Sutera sedangkan orang india menyambungkan benang Emas & Perak, maka dari itulah tercipalah Kain Songket yang di bantu oleh masyarakat Melayu dengan alat tenun yang mereka rancang untuk membuat kain songket tersebut, pada zaman dahulu Kerajaan juga memakai kain songket sebagai ciri khas Kerajaan Sriwijaya yang di buat oleh orang palembang, Masyarakat Palembang menjadikan Kain Songket Palembang sebagai Kain Khas mereka.

Masyarakat Palembang juga menjadikan Kain Songket pakaian untuk event atau acara lainya seperti, Acara Kesultanan, Acara pernikahan, Vestifal Kota, Penyambutan Orang Penting. Di indonesia. Pada Umumnya Sehingga pakaian tersebut memberikan nilai tersendiri bagi orang – orang yang memakai nya banyak Para Wisatawan yang datang ke Palembang dan Beburu songket di Palembang, untuk harga berkisaran harga dari 200 ribuan samapai dengan 5 Jutaan bahkan lebih ini tergantung dari bahan bagaimana proses pembuatan. Jadi masalah untuk buget bisa anda atur sendiri ya..

Pusat Songket Palembang

Beberapa galeri songket terkenal di kawasan Tanggo Buntung antara lain Zainal Songket, Cek Ipah, Cek Ilah, Fikri Collection, dan lain-lain. Sebagian besar para pengrajin songket masih memiliki hubungan keluarga dimana ilmu menenun songket diturunkan secara turun temurun.

Setiap toko tidak hanya menyediakan kain songket dengan aneka motif, namun juga terdapat Jumputan, Batik Songket atau Batik Palembang, Cinderamata Khas Palembang, dan lain-lain.

Motif dasar kain songket secara umum terbagi menjadi 3 bagian yaitu motif tumbuhan seperti aneka bunga, motif geometris, dan yang terakhir adalah gabungan antara motif geometris dan tumbuhan. Ketiga motif dasar kain songket ini merupakan warisan masa lalu yang tetap dipertahankan hingga sekarang.

Jenis-Jenis Kain Songket Khas Palembang

Kain Songket Palembang juga mempunyai Jenis-Jenis yang berbeda-beda berikut adalah Ragam Jenis Kain Songket Khas Palembang.

1. Kain Songket Lepus

Lepus berarti menutupi, jadi pengertian kain songket lepus adalah songket yang mempunyai benang emasnya hampir menututpi seluruh bagian kain. Benang emasnya dengan kualitas tinggi didatangkan dari China. Kadangkala benang emas ini diambil dari kain songket yang sudah sangat tua (ratusan tahun) karena kainnya menjadi rapuh, benang emas disulam kembali ke kain yang baru.

Kualitas jenis songket lepus merupakan kualitas yang tertinggi dan termahal harganya. Sesuai dengan gambar motifnya, maka kain songket lepus inipun bermacam-macam namanya, antara lain songket lepus lintang (bergambar bintang), songket lepus buah anggur, songket lepus berantai, songket lepus ulir, dan lain-lain.

2. Kain Songket Tawur

Songket Tawur Pada desain yaitu kain yang pada motifnya tidak menutupi seluruh permukaan kain tetapi berkelompok-kelompok dan letaknya menyebar (bertabur/tawur). Benang pakan sebagai pembentuk motif tidak disisipkan dari pinggir kepinggir kain seperti pada halnya penenunan kain songket yang biasa, tetapi hanya berkelompok–kelompok saja. Sama halnya dengan songket lepus, songket tawur pun bermacam-macam namanya antara lain songket tawur lintang, songket tawur tampak manggis, songket tawur nampan perak, dan lain-lain.

3. Kain Songket Tretes Mender

Pada kain songket jenis ini tidak dijumpai suatu gambar motif pada bagian tengah kain (polosan). Motif-motif yang terdapat dalam songket tretes mender hanya ada pada kedua ujung pangkal dan pada pinggir-pinggir kain.

Jenis-jenis Motif Kain Songket Palembang

4. Kain Songket Bungo Pacik
Songket Bungo Pacik mempunyai motif yang terbuat dari benang kapas putih sehingga benang emasnya tidak terlihat banyak dan hanya sebagai selingan saja.

5. Kain Songket Limar
Songket Limar ditenun dengan corak ikat pakan. Motifnya berasal dari benang pakan yang diikat dan dicelup pewarna Kain songket ini tidak dibentuk oleh benang-benang tambahan seperti halnya pada songket-songket lainnya. Motif kembang-kembangnya berasal dari benang-benang pakan atau benang lungsi yang dicelup pada bagian-­bagian tetentu sebelum ditenun.

Biasanya songket limar dikombinasikan dengan songket berkembang dengan benang emas tawur hingga disebut songket limar tawur. Macam dari songket limar diantaranya adalah jando berhias, jando pengantin serta kembang pacar.

6. Kain Songket Kombinasi
Adapula motif Songket Pucuk Rebung, Songket Bungo Manggis, Bungo Tanjung, Bungo Melati Songket Sorong dan lain-lainnya.

Kain Jumputan Khas Palembang

Kain Jumputan Khas Palembang

Kain Jumputan Palembang atau yang biasa di sebut dengan Kain Pelangi, salah satu kerajinan yang dihasilsan dengan teknik jumputan, (Tie and Dye) adalah tehnik mewarnai kain dengan cara dicelupkan ke dalam zat tinta berwarna, yang dibentuk corak-corak yang dihasilkan oleh ikatan-ikatan kain, dengan cara digulung, menjelujur atau menjait kain, setelah teknik ini kita lakukan, ikat kain dengan hingga kencang.

Sejarah Kain Jumputan Khas Palembang biasanya memiliki motif yang memenuhi seluruh bahan. Kain jumputan yang biasa, satu pasang terdiri atas bahan untuk bagian atas, bagian bawah, dan selendang. Untuk jenis ini, para perajin umumnya membuat jumputan dengan satu tema warna.

Kain jumputan umumnya menggunakan bahan sutera, dan memiliki berbagai macam motif, antara lain motif bintik tujuh, kembang janur, bintik lima, bintik sembilan, cuncung (terong), bintang lima, dan bintik-bintik.

ALAMAT PENJUALAN KAIN SONGKET KHAS PALEMBANG
Mau Beli Kain Songket? Jangan khawatir untuk anda yang ingin membeli Kain Khas Palembang ini tidak lah sulit karna disini akan saya informasikan Tempat Jual Songket di Palembang & Tempat Pembuatan Kain Songket Palembang.

1. Alamat Songket Palembang
JL.Perikanan 1 No.284A, Talang Aman Kemuning Sumatera Selatan 30128. Senin – Minggu jam 09.00-21.00 Wib.

2. Alamat Tujuh Saudara Songket Palembang
Jl. Talang Kerangga No.28, 30 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30131. Senin – Minggu 08.30 – 16.30 Wib.

3. Alamat Griya Kain Tuan Kentang Palembang
Jl. Aiptu A Wahab, Tuan Kentang, Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30255. Buka Senin – Minggu Jam 09.00 – 18.00 Wib.

4. Alamat Fikri Collection Palembang
Jl. Talang Kerangga No.28, 30 Ilir, Ilir Bar. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

5. Alamat Zainal Songket Palembang
Alamat: Jalan Ki Gede Ingsuro No.173, 32 Ilir Barat II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30135.

PUSAT KERAJINAN KAIN JUMPUTAN KHAS PALEMBANG
1. Alamat Jumputan Wiyah Mulyadi Palembang
Alamat: Jln AIPTU A WAHAB Lr. Pisang No.28 RT.01 Tuan Kentang, Seberang Ulu I Kota Palembang, Sumatera Selatan 30257.

2. Alamat Toko M.A.K Palembang
Alamat: 24 Ilir, Bukit Kecil Kota Palembang, Sumatera Selatan 30127.

3. Alamat Mawar Songket Palembang
Alamat: Jl. Talang Kerangga No.411 30 Ilir Barat II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30144.

Anda dapat terhubung sercara langsung dengan, Team inipalembang.com untuk menanyakan secara detail Layanan & Produk yang Anda butuhkan. inipalembang.com siap membantu Anda.