Menu Tutup

Panduan Bahasa Palembang Lengkap

Buku Bahasa Palembang edit by Arif Rahman Hakim

Kamus Bahasa Palembang adalah bahasa yang dipergunakan oleh, masyarakat asli Palembang dan mempunyai kemiripan dengan bahasa daerah seperti, Jambi, Bengkulu & Jawa (dengan intonasi yang berbeda).

Bahasa Palembang Halus biasanya digunakan dalam percakapan dengan, orang-orang tua, ataupun orang-orang yang dihormati, terutama dalam upacara adat isti adat.

Dalam rangka turut melestarikan Bahasa Palembang, kota tercinta tempat saya lahir dan dibesarkan, saya coba buat kamus online Bahasa Palembang pada artikel ini, dengan total lebih dari 500 (lima ratus) kosakata.

Kosa kata Bahasa Palembang cukup unik, suatu kata tertentu kadang tidak cukup diartikan dengan satu kata lain. Dalam Bahasa Indonesia sering diperlukan penjelasan dalam suatu, kalimat atau resolusi yang sesuai dengan contoh penggunaan. Agar kata tersebut dapat, digambarkan dengan tepat.

Mudah berbicara kamus ini dapat membantu orang luar Palembang yang ingin belajar memahami bahasa daerah wong kito, atau bagi orang Palembang, terutama yang sudah lama merantau, untuk sambil menunggu ingatan (sambil tersenyum nostalgia, masa depan menggunakan bahasa ini)

Yuk kita menikmati Kamus Bahasa Pelembang bawah ini :

Huruf #A

abang = warna merah

alep = pendiam

ambal = karpet

ambek = ambil

amin, aman = jika, jika

(contoh: amin kau gek beli mie celor, karongken aku sikok ye = kalau kamu nanti beli mie celor, beli kan juga aku satu bungkus ya )

ampal = pingsan

ancap / ngancap = pergi, mendatangi

(contoh; jao nian na ‘ngancap kerumah nyo = jauh sekali mau pergi ke rumah nya )

anak mudo = jagoan dalam film

angit = bau benda terbakar / gosong

angkus = tidak berguna

angop = menguap

anyep = hambar

asak = jika, jika

(contoh: asak kau berjuang, payo begoco kito = jika kau berani, ayo kita berkelahi )

asoy = kantong kresek / plastik

ate’p = kekenyangan

awan = siang

(contoh: jangan galak bangun awan gino = jangan suka bangun kesiangan )

bangun = kamu, padahal

(contoh: awak salah, dak galak ngaku = padahal salah, tapi tidak mau mengaku )

ayuk = kakak perempuan

Huruf #B

babet / sawat / gutuk = lempar, lempar

bae = saja

balak = masalah

(contoh: jangan galak nyari balak = jangan suka cari masalah )

balek = kembali, kembali

bale’ni = diulang lagi

bambap / di bambap = di rongrong

banyu = udara

bari / bingen = zaman dahulu

baseng = asal, terserah

(contoh: baseng kau lah = terserah kamu saja )

baso ‘ = cuci

baso’an = mencuci pakaian

bebala / betukaran = bertengkar mulut

beber = hordeng

bebes = mengejar dengan cepat

be’deng = rumah petak, satu bangunan rumah dengan satu atap yang dibagi menjadi beberapa pintu (biasanya beratap seng).

bedengkang = sangat keras

bedenyer / bedejir = terkejut / kaget

bedenyeng = nyetrum

bedesau = terkejut / kaget

bedeseng = rasa setelah minum minuman bersoda

bedewis = cepat sekali

begenyol = ngunyah

begoco = berkelahi

bego’yor =, memulai sesuatu dengan lambat, lambat tapi pasti, siap – siap

(contoh 1: “cakmano bisnis kau, lah maju?” – “ Ai pengemis bae kito nih ” = bagaimana bisnis kamu, sudah maju? – yah, lumayan, kita mulai membuka lahan saja.

bekilung = menggeliat, meronta, berusaha melepaskan diri dr dekapan orang

bekot’an / boesan = bermusuhan, tidak bertegur sapa

belagak = tampan, rupawan

belago = berkelahi

belanta’an = berkelahi

be’long = mata juling

belor = senter

beluluk = sejenis kolang kaling

belumban = adu cepat / berlomba

bengep / be’ngor = mukanya babak belur, bengkak

bengak = bodoh, tolol

bengkor / pengkor / pengkang = bengkok, biasanya untuk kaki

be’nyek = lembek

benyuk / benyuk’ken = pindahkan orang orang ke udara

beraben = beradu, bertabrakan; Biasanya beradu kaki / diam saja

berasan = minta tolong

berejo = berusaha

berenggot = bergerak

berengo = lalat hijau besar

beringkes = beberes, merapikan barang / penggantian

berok = monyet

besak = besar

besak kelakar / besak uap = besar omong, pembual

besingitan = ngumpet / sembunyi

budak = anak

buncitan = diaktifkan

bungker = busuk

(contoh: telo ‘bungker = telur busuk )

buntang = bankai

buntu = tidak punya uang

buri = belakang

busuk siku = kurang ikhlas, sudah memberi dukungan lagi

butek = keruh, berkaitan dg air

buyan / bengak = bodoh

Huruf #C

agak = tiang rumah

cak itu la = yah begitulah

cak mano = bagaimana

cak yo yo / cak yo yo nian = sombong

calak = cerdik

calok = terasi

campa = hambar / tidak berasa

campak / nyampak = jatuh

candak = hentikan orang / mencegat orang

cangking = angkat dengan satu tangan

cekel = pegang

cemeke’an / geta basah = pelit

ce’ngker = Anak Kecil yg Suka jahil, nakal ( kesulitan pembuat )

cengkila = pastilah

cepe’k = hidung pesek

cerode’an = mau tahu semua urusan orang

ceto = sudah pasti

cetok = patuk

(contoh: ati ati, jangan maen disitu, gek dicetok ulo = hati hati, jangan main disitu, nanti dipatuk ular )

cetok’an = makanan

cik kundu = kecil hati / pengecut

cindo = bagus

ciren / keciren = mendesak

(contoh: lamo dak tejingok, lah dak keciren lagi aku dengan rai kau ni = lama tidak terlihat, aku sudah tidak mau wajahmu lagi )

co’ke’t = cungkil / hasta

cokot = gigit

cotang = ngamuk / mengoceh

cugak = kecewa (sudah berharap sekali mendapat sesuatu, tapi tidak jadi)

cuko = kuah / saus pempek

cumen = cuma, hanya

cungur = hidung

Cupar = bicaranya kasar

Huruf #D

dalo’ng = kuali dari tanah

dak katek = tidak ada (bentuk yang lebih tegas dari katek)

dampar = talenan

dedek = gabah buat makan burung/ bebek , kotoran yang mengendap di air (misalnya ampas kopi)

denget = sebentar

dewek / dewek’an = sendiri

dogan = kelapa muda

do’kenan = duluan

do lor = saudara

dupakke = menerjang / menendang

Huruf #E

ecak-ecak = pura-pura

ekar = kelereng

emban = gendong

enjok = beri

entokken = membenturkan kepala orang ke dinding

enyek-enyek = bertingkah seperti peremuan, minta perhatian

Huruf #G

galak = mau, suka, sering

galo = semua

gancang = cepat

garang = area dibawah rumah panggung

gebok = pukul

gedebekan = bunyi keras waktu jatuh

gedek = dinding

gek / kagek = nanti

gek do’ken = nanti dulu

gelok = toples / wadah kue

gelo = nelangsa

gena = sempurna / mengerjakan sesuatu dg baik

gerobok = lemari

gerot = berat, sukses / kaya

(contoh ai la gerot nian kau ni sekarang = wah, udah kaya ya kamu sekarang)

geta basa = pelit

getes = mudah putus

getun = menyesal

godek = goyang, gila

(contoh : caknyo agak godek budak tu = kayaknya agak gila anak itu)

gode’k = rambut pada pipi (dibawah telinga sampai menyambung ke kumis / janggut)

gogo’ = kelompok / wong

(misal; awak ni gogo’ sungi buntu yo dak ?)

goroe = bunyi geledek / petir

gotok = melempar dengan batu

gino = terlalu, berlebihan

(jangan napsu gino = jangan terlalu bernafsu)

gudu = botol

gulu = leher

Huruf #I

icingi = incar

igo = terlalu

(contoh : tula galak igo, laju keno marah kan lantak kamok nih = makanya suka berlebihan sih, gara gara kalian jadi kena marah kan)

ijo = hijau

ipe’ = ipar

item kelet = hitam sekali

iwak baloer = ikan kakap / ikan belanak asin

Huruf #J

jabo = depan

jahel tembel = jahil iseng

jajo = jual, berjualan

jambu tokal = jambu biji

japrak = norak / kampungan

jare’t = kain lap

jaturi = mempersilahkan

jedeng = bak air (biasanya di kamar mandi)

jelit = melihat dengan tajam (pertanda marah)

jendol = benjolan (biasanya di kening)

jeramba = jembatan

jere’ng = jengkol

jingok = lihat

jobol = besar matanya

jolor = mengulur tali

julak / julak’e = mendorong, biasanya mendorong seseorang sampai terjatuh

Huruf #K

kajang angkap / kijingan = plafon, langit-langit rumah / dibawah genteng

kambang = kolam

kamek = kami

kampleng = menampar orang

kanji / kenyet = genit

kantep = kena telak; tepat sasaran

kanyut = hanyut terbawa air / ngelantur

kaop = bisa/ mampu

karongken = belikan juga, nitip

kasak = sikat

katek = tidak ada (catatan “dak katek“juga berarti tidak ada / penegasan dari katek)

katek agok = (seseorang yang) tidak dapat diandalkan dan berprilaku seenaknya

(contoh : “kau ni katek agok nian“)

katek antanan = (seseorang yang) tidak memiliki suatu kecakapan atau kemampuan apapun

katon = kelihatan

kebet = ikat

keciren / ciren = mengenali

keke’i = jitak

kelebu = tenggelam

kelembungan = balon

kelepe = dompet

keleseit = cerdik / suka mengakali orang lain

kele’t = kurus / badannya lemah

kelo’ro’an = ingat, kelihatan

kelot = tidak garing

kemben = selendang

kempeit = menaruh sesuatu di sela ketiak

kempe’t = kempes

kencot = pincang

kendak = kehendak

(contoh : apo kendaknyo budak ini? = apa sih maunya anak ini)

ke’pet = jarang mandi

kebo’lo’ran = kelaparan sekali

kete’ = genit

ketek = perahu

ketenggoran = kesurupan

ketib = juru nikah/ penghulu

kinjeng = capung

Huruf #L

la = sudah

(contoh : la ku-omongi, masih dak pecayo = sudah kubilang, masih tak percaya)

ladas = sangat menikmati suatu aktifitas

(contoh : ai ladas nian kamu nih)

ladeng = pisau

ladeni = layani

lak lak ‘an = dinding mulut bagian atas

laju = akibatnya, jadinya

(contoh : neh, lantaklah kamu, laju ngamuk dio = nah, gara gara kamu, jadi marah dia)

laju lah, laju ken lah = teruskan, jadi kan lah

lamat = kasur

lancip / landep = tajam

langgo’k = sombong

lanja’k (ken) / lajukenlah = jadikan / teruskan

lantak = gara gara, rasakan lah akibat dari perbuatan mu

contoh 1 : laju rusak barang ni lantak kau = jadi rusak barang ini gara gara kamu

contoh 2 : “neh, lantak lah kau“, tepat dipakai kepada seseorang yang baru saja memcahkan gelas, dan siap siap menerima kemarahan si pemilik gelas, he2x)

lawang = pintu

le bar = selesai, bubar

le’go = layangan putus

lehar = tempat menaruh Alqur’an

leket = lengket

le’let = lambat

lemak = enak

lentik = lincah, gemulai

lihai = pintar, mahir, sangat menguasai suatu keterampilan

lobok = longgar

lokak = kesempatan atau peluang terkait pekerjaan / bisnis

(contoh : “ado lokak dak?” = “ada peluang (pekerjaan /bisnis) tidak?”)

lolo = bodoh

lum / lom = belum

lunyu = licin

Huruf #M

mada’i = masak sih, tidak mungkin

malek = bosan

mak’ ini = begini (contoh : mak’ ini bae = begini saja )

mak’ ini ari = sekarang ini

mak’ mano / cakmano = bagaimana

mambang = gila

mambu = bau

mangap = membuka mulut lebar-lebar

mangcek, mangcik = panggilan untuk laki laki, paman

mangkonyo = maka dari itu

maro’ = ditengah-tengah; mis. maro lawang = ditengah pintu

masat’i = melihat sampai jelas sekali

medu = cemas

melacit = ngebut / berlari

melok = ikut

mendep = berdiam di rumah saja

mengap = sesak napas

mengit = benci (pada seseorang)

mengot = miring, melengkung

mengsel = lepas dr sasaran / tempatnya

mere’pet = ngomel

me’sem = tersenyum sedikit

metu / mentu = keluar

Huruf #N

nabo = pukul ( alat musik )

nanggok = menampung

nangko blando = sirsak

necis = rapih, perlente

nemoni = nemui / nemani

nerucup = turun dari atas ke bawah dengan cepat yang mana bagian kepala lebih dulu

ngaga’i = menggoda, mengajak main (bayi) dengan memaikan mimik muka

ngagok’i = menanggapi

ngambo’i = pamer, menunjukkan barang miliknya dg sombong/ bangga

ngambul = marah, layangan putus melayang-layang

ngampo’ = melunjak / nantang

ngandon = numpang, sengaja datang

nga’-nga’ = terbuka lebar

ngayo’ = mengayuh

ngebang = azan

ngedem = diam saja

Huruf #O

ore’an = main kucing-kucingan / kejar-kejaran

oncak = andalan, yang diandalkan, jagoan

Huruf #P

pacak = bisa

padasan = tempat cuci piring

padek = mantep

pangsilo = Duduk dengan melipat kaki

panta’ = patil / palu / sirip / sayap ikan

panto = cuma, hanya

(contoh : madak’i, panto cak itu bae dak pacak = masa’ cuma gitu aja gak bisa)

parak = dekat

payo = ayo, yuk (ajakan)

pecah cenga’ = mukanya hancur berantakan

pecak = seperti, mirip

pedit / medit = pelit

pekak = tuli

pe la = ayo, yuk (ajakan)

(contoh : pe la kito ngaji dulu = ayo kita ngaji dulu)

pejel ken = memaksa (sesuatu) masuk ke tempat yang sempit

pe’lat = cadel

pelo’an = guling, berpelukan

pene’san = bercanda

pecian = mengadu layang layang

pisang jembun = pisang ambon

pocok = atas

ponjen = kantung dari kain (biasanya untuk menyimpan uang)

(contoh : ngesok’ken bucu ponjen = menuangkan isi kantung uang dari sudut nya = habis habisan)

ponten = nilai dari guru

pore’k = pusing karena suatu masalah / runyam

prei = libur

puan = susu

pukang = paha

pukul besi = palu

Huruf #R

ragap = semangat

ra i = wajah, muka

rakse = meriah, suatu pertemuan yang ramai dan penuh canda tawa

rebo = rawa / rumputnya tinggi, di dalam rimba, jauh dari peradaban

rego = harga

rejeki sengkil = Susah mendapat rejeki

rengko = lelah sekali

repo = lebah

reput = mudah putus

resem = rajut; misal kopiah resem = kopiah rajut

rimbat = pukul dg rotan

ringam = merasa terganggu (biasanya karena kepada seseorang yang prilaku nya menyebalkan)

ringgo-ringgo = keranda untuk membawa jenazah

roho = barangnya besar tapi enteng

roncot = bangkrut

rongseng = pusing karena suatu masalah, runyam,

runyek = kusut, biasanya untuk kertas atau baju

Huruf #S

sa’ga / besak ga = lebay, terlalu melebih lebihkan sesuatu yang sepele

(contoh : ai kau nih besak ga nian, cumen tatu dikit be nangis sampe tejerit jerit = kamu ini lebay banget sih, cuma luka sedikit aja sampai nangis segitunya)

sako = tiang / pondasi di dalam rumah

saro = susah

sampiran = tempat menjemur pakaian

sanjo = berkunjung

sangkek = tas

santok = kejedot

sapee/ capee = memisahkan orang yang berkelahi

satang = galah

sawat / babet / gutuk = melempar

sebarau = rakus

sebat = memukul dengan rotan

sedenget = sebentar

segak / nyega’ = membentak

sege’ / sege’nyo = sombong / gayanya

sege’nce’t = seikat

seguk = cegukan seperti sendawa

seke’wet = curang

se’ko = kompres dengan yang panas

selau = pegal-pegal

sele’ / jingo’ = lihat

selente’ = sentil

Huruf #T

tabok = menampar orang

tambeng = (orang yang) tidak tahu malu

tampes = bocor

tangani = memukuli

(contoh : jangan cak itu, gek ku-tangani kau = jangan begitu , nanti ku-pukul kamu)

tanggok / nanggok = tangkap, menangkap (ikan), memperoleh

tatu = luka

teberak = tenggelam, kelelep

tebok = bolong

teberot – berot = membawa barang yang terlalu berat

tebudi = tertipu

tecancang = berdiri sendiri lama sekali menunggu orang

tegangsar = terpleset

tegok = telan

tejerau = teriak

tekacip = dibiarkan sendiri di suau tempat, menunggu orang lama sekali tanpa kepastian

tekencet-kencet = lari terbirit-birit

tekepan = main petak umpet

tek’liyep = (tidak sengaja) ketiduran sebentar

te-klopek = terkelupas kulitnya

te’ko = termasuk

tekole’r = terbaring kelelahan

tekonjor = terbaring tidak bergerak, mati

tekurep = tengkurap

Huruf #U

ucak-ucak = bercanda, main main, tidak serius

udang satang = sejenis udang besar

uget-uget = hewan kecil di got / saluran air, jentik nyamuk

uji = kata (contoh : uji siapo? = kata siapa?)

uji-nyo = kata nya

ulek’an = cobek / batu untuk menghaluskan bumbu dapur

ulo = ular

ulu ati = empedu

umak = biang, misal uma’ abang = biang warna merah

umep = (air) mendidih

untal = lempar (biasanya untuk lempar keatas)

urung = batal, tidak jadi

urup’an / = tukar barang/ barter

uya = garam

Huruf #W

wong = orang

ya ca-cam = ya ampun

yo la pulo = tentu saja